Pengertian Dari Google Play Services

Google Play Services adalah layanan hak milik yang berjalan dibalik layar dan paket API(Application Programming Interface) untuk perangkat Android. Ketika pertama kali diumumkan pada tahun 2012, Google Play Services ini memiliki akses sederhana menuju API dari Google+ dan OAuth 2.0. Tetapi semenjak itu diperluas agar bisa mencakup berbagai macam layanan Google yang memungkinkan aplikasi dengan mudah berkomunikasi dengan layanan lainya, yang disebut dengan GMS(Google Mobile Services).


Versi-versi Google Play Services

  • Versi 1.0 dirilis pada 26 September 2012.
  • Versi 3.1 dirilis pada 16 Mei 2013.
  • Versi 3.2 dirilis pada 20 Agustus 2013.
  • Versi 4.0 dirilis pada 31 Oktober 2013.
  • Versi 4.1 dirilis pada 9 Januari 2014.
  • Versi 4.2 dirilis pada 3 Februari 2014.
  • Versi 4.3 dirilis pada 17 Maret 2014.
  • Versi 4.4 dirilis pada 7 Mei 2014.
  • Versi 5.0 dirilis pada 25 Juni 2014 dengan peluncuran terakhir pada 2 Juli 2014.
  • Versi 6.1 dirilis pada 16 September 2014.
  • Versi 6.5 dirilis pada 17 November 2014.



Google Play Services client library

Client library berisikan antarmuka/tampilan dari Google services dan memungkinkan kita mendapatkan otorisasi dari pengguna untuk mengakses layanan di dalamnya. Client library ini juga berisikan APIs yang memungkinkan kita untuk menyelesaikan masalah apapun pada saat program berjalan seperti hilangnya, ditolaknya, ataupun kadaluarsanya APK dari Google Play Services.


APK Google Play Services

APK dari Google Play Services berisikan layanan individual dari Google dan berjalan sebagai latar belakang layanan pada sistem operasi Android. Apk Google Play Services terletak bersamaan dengan Google Play Store, jadi updatean dari Google Play Services ini tidak tergantung dari Provider maupun Produsen pembuat perangkat tersebut.

Pada umumnya, perangkat Android yang memiliki versi Android 2.3 (Gingerbread) atau di atasnya dan terinstall aplikasi Google Play Store di dalamnya akan mendapatkan pembaruan Google Play Services. Hal ini memungkinkan kita untuk menggunakan API terbaru pada Google Play Services dan hal ini bisa menjangkau hampir semua perangkat Android.


Apk dari Google Play services pada perangkat Android menerima pembaruan untuk API terbaru, fitur terbaru dan perbaikan bug.
__________________________________________________________

Google Play Services memberikan kita kebebasan untuk menggunakan API terbaru untuk berbagai macam layanan Google tanpa perlu khawatir dukungan dari perangkat itu sendiri. Pembaruan dari Google Play services didistribusikan secara otomatis oleh Google Play Store dan versi terbaru dari client library dikirimkan melalui Android SDK Manager.

Jadi pada intinya Google Play Services / Layanan Google Play ini memberikan lebih banyak fitur kepada aplikasi yang kita miliki. Dengan Google Play Services, aplikasi yang kita miliki mendapatkan keuntungan dari fitur terbaru Google seperti Maps, Google+, dan masih banyak lagi, yang pembaruannya dilakukan secara otomatis, serta didistribusikan sebagai APK melalui Google Play Store.
Sumber : Link1 / Link2

Post a Comment